About Sharing… Pliss deh!!!!

Well, ini kali pertama saya ngomong tentang yang beginian. Awalnya tadi saya pengen adem ayem aja, karena toh ini bukan kali pertama kejadian, tapi setelah melihat komen yang bikin hati panas, akhirnya keluarlah semua uneg-uneg ini..

Sebenarnya kalau mau muji diri sendiri, saya bukan orang yang hot tempered. Bahkan walaupun orang sudah melakukan hal yang merugikan saya pun, saya biasanya diam saja. Karena memang saya tidak suka berkonfrontasi. Terkesan bodoh tapi itulah saya.

Tapi yang kayak gini udah sukses bikin hati saya panas, sampai-sampai saya jadi berani ngomong gini. Kesan positifnya, saya jadi sedikit berani. Kesan negatifnya, saya jadi kesal amat sangat tapi gak tau mau marah sama siapa.

Kemarin saya udah pernah bilang soal orang-orang yang ngeshare FF saya tanpa ijin di akun facebooknya. Awalnya saya kesal setengah mati, karena tidak hanya mereka nge-share tanpa ijin, mereka juga mengubah judulnya dan mengubah alur ceritanya. Itu kejadian untuk FF Evil Kyu in d’House… Saya sangat kesal hari itu, karena saya jelas gak rela, karya saya, hasil pikiran dan tulisan saya, diubah-ubah sesuka hati seperti itu. Tapi akhirnya saya berusaha berpikir baik, karena toh mereka masih menyelipkan nama blog saya disitu, dan lagi karena seseorang yang baik menenangkan hati saya dengan mengatakan kata-kata seperti ini.

“Ya sudah, anggap saja cerita kamu bagus dan mereka suka sampai-sampai mereka pengen nge-share ke orang lain, ambil saja segi positifnya, blog kamu jadi lebih dikenal orang.”

Dan kata-kata itu akhirnya bikin saya melupakan kejadian itu, walaupun tak ada segi positifnya sama sekali. Blog memang semakin banyak viewernya tapi sama sekali tidak ada yang memberi komentar.

 

Dan kejadian itu terulang lagi, 2 hari yang lalu. Waktu buka blog, kaget lihat viewer yang jumlahnya berlipat-lipat dari hari biasa, dan banyak sekali referan dari facebook. Setelah dicari-cari, akhirnya ditemukanlah akun lain yang ngeshare FF yang sama, Evil Kyu in d’house.

Awal-awal lihat cuma bisa bilang, “Ah, lagi-lagi…”. Akun yang ini juga melakukan hal yang sama dengan akun yang sebelumnya, karena toh dia mengkopi dari akun yang sebelumnya. Namun yang buat saya MARAH adalah dia tidak membaca seluruhnya, dan asal mengkopi saja dan bertingkah SOKTAU.

Pertama-tama saya diamkan saja, biarkan saja mereka melakukan sesukanya. Tapi ini dia komen yang saya bilang diatas tadi yang bikin hati saya panas dingin.

 Capture

 

Kalian liat disitu tertera nama akun facebooknya, nama orang yang menjadi adminnya dan komentarnya. Saya gak perduli siapa itu yang punya akun, siapa itu yang jadi admin, mau dia sengaja atau tidak sengaja, mau setelah ini dia marah karena namanya disebut-sebut, saya gak mau tahu. Tapi komentarnya itu udah sukses bikin saya sakit ati.

Apa maksudnya coba?? Translate-an  dari bahasa inggris mana yang dia maksud?? Mana coba tunjukkan kalau bisa??!!

Trus ada yang nanya, ini fakta atau cuma FF, dan dia bilang kalau ini fakta dan dia udh pernah baca bukunya. Buku yang mana yang dia maksud?? Ini hanya sebuah cerita, FanFiction, karangan saya.  Saya sendiri yang buat, saya sendiri yang nulis, saya sendiri yang mikir, saya bahkan masih punya draft-nya dengan tulisan tangan. Sebenarnya dia dapat pengetahuan dari mana sih. Jelas-jelas akun tempat dia mencopy itu bilang kalau ini cuma FF.

Jadi admin sebuah pages Super Junior itu berarti punya pengetahuan lebih kan tentang Super Junior? Masa gak bisa sih membedakan mana yang fakta mana yang FF?? Begitu banyak yang nanyak apa ini fakta atau sekedar FF, dan dia selalu menjawab kalau ini nyata. Bikin saya jadi merasa bersalah sama orang-orang yang mempercayainya. Dan semua ini sudah terlanjur menyebar, dan sudah banyak sekali yang nge-share, beberapa pages khusus Kyuhyun juga ikut nge-share, begitu juga di twitter, dengan tambahan kata-kata kalau ini adalah fakta. Saya cuma bisa tertawa sambil ngelus dada… Haha~😄

Seharusnya jadi admin sebuah akun itu cerdas dong. Belajar mengupload sesuatu itu benar-benar dari sumbernya, baca dulu benar-benar, cantumkan creditnya dengan benar, begitu etika orang-orang yang punya blog atau akun. Jangan asal mengcopy, dan mengucapkan hal-hal yang kamu sendiri tidak tahu.

Hhh~ setelah capek marah-marah kayak gini, saya baru sadar kalau ini gak ada gunanya. Itu admin juga gak akan mungkin mampir ke blog dan membaca ini. Pada akhirnya saya sendiri yang kesal, saya sendiri yang marah, saya sendiri yang capek. 

Saya berlebihan?? Terserah.

I’m annoying?? Yes I am, when someone annoy me.

Buat yang baca ini saya cuma mau bilang, Buat admin-admin, tolong untuk tidak hanya copy-paste. Baca benar-benar dari sumbernya kalau mau ngasih info sama followers kamu.

Dan buat reader, baik yang udah lama jadi Elf, atau mungkin yang baru dan masih awam dengan segala hal tentang Super Junior, kamu pasti bisa membedakan mana yang nyata, mana yang cuma cerita kan. Jangan menerima begitu saja semua yang kamu dengar dan baca. /Mana mungkin Donghae membiarkan bada-nya diikat kyuhyun dikursi kan??/ *masih berusaha bercanda disegala amukan kemarahan.

Ya sudahlah saya juga sudah capek ngamuk. Ini juga yang jadi alasan saya mulai malas menulis. Selama ini saya gak pernah mengomentari silent reader, saya juga gak pernah maksa orang untuk komen di cerita saya. Selama ini saya berpikir baik, ‘ah mungkin orang yang baca cerita saya menganggap cerita saya tidak cukup bagus untuk mereka menyempatkan diri memberi komentar’. Itu pikiran saya selama ini. Tapi melihat begitu banyak yang memuji cerita saya dan memberi komentar di akun yang ngeshare tanpa ijin, bikin saya kehilangan niat.

Apa bedanya memberi komentar di wp saya dengan di fb?? Di wp tidak perlu login, tidak perlu password, tidak perlu register, verifikasi atau apapun itu. Sama saja seperti di fb. Tidak ada bedanya. Hanya perlu username yang bisa diisi sembarangan, bisa diganti sesuka hati. Lalu kenapa tidak memberi komentar di wp saja?? Padahal hanya sebaris komentar pendek bisa bikin author yang nulis semangat dan tersenyum-senyum sendiri dikamar kayak orang gila. Tidaklah susah.

Syudahlah, sudah terlalu panjang unek-uneg saya. Saya sudah malas mikir tentang share-mengshare ff kayak gini, Belum lagi tentang FF [HyukRaStory] Topless?? Oh… No!!! dishare di ff khusus yadong yang blognya di protect dan saya jadi gak bisa melihatnya, padahal saya gak pernah buat itu ff jadi ff yadong, kenapa malah masuk ke situ??!!!!!!!

*tarik nafas* embus* tarik* saya mau pergi cari eskrim aja, mau mendinginkan hati yang udah mendidih.. Bye………

 

Buat teman-teman yang masih mau mampir en ngomentar, haenem onniedewonnie2699, Rahmi Saranghae Suju, dan lainnya yang masih mau mampir bahkan setelah saya menghilang lama.. gomawo~~ Cuma komen-komen dari kalian yang bisa bikin saya senyum-senyum gila setiap kali saya buka blog.. I lope you muach muach…

  

15 thoughts on “About Sharing… Pliss deh!!!!

  1. Yeeeeee namaku disebut2,jadi enak
    *tarik bulu kaki unyuk
    Ya ampun malem2 cek email eh liat kmu upload
    Dh happy aj aku pikir crta baru n ternyata hal2 kyk gini
    Ampuuuuun deh mgu ni aku nemuin hal copas gini
    Aku jg nemuin kyk gtu di watty n lgsg coment ke dy
    Mw mrah cm kykna ak g brhak so cm bs ksh nsht n ak pun ngsih link ke author aslina

    Aku aj yg nemuin gtu rasana jg marah
    Aku tau nulis itu susah bgt
    And knp pada percaya itu fakta
    Ya ampun kyu gak sesadis itu kali

    Aku mgkin gak bisa bikin kamu sdikit happy
    Tapi mgkn mmg oknum itu ska sama crita kamu,gaya penulisan kamu
    Aku gak bisa ngumpat,takut tambah dosa hahaha
    Yg sabar

    • mau sampai kapan onnie narik bulu kakinya??
      kan buanyakkk bgt.. hehehhe

      hahahha….
      aku juga kesel mesti ngasih tau yg kayak2 gini..
      males.. makan ati sendiri.

      berarti emang ku punya hak buat marah kan??
      bukan aku aja yg trlalu berlebihan..

      ngumpat aja onnie.. gpp koq..
      aku dengan senang hati mendengarnya..
      dosanya tambah dikit2 aja… ^^

      • Ngmong soal kunyuk
        Td bru bca rumor dy nkah ma iu n lgsg kna heart attack
        Tnyta wlpun main mata ma kyu,ttep aja dger brta itu lgsg deg2an
        *cakar dada unyuk

        Eish kamu brhak marah lah
        Malah sampe da author yg protect blog,g pnah update dll
        Kan kasian author n fansna dung

        Ngumpat?
        Malu ma jilbab dung^^

      • Pertama baca komen onnie, lgsung mikir, ini onnie dpat cerita drimana?? trus lgsung browsing2, eh trnyata emang ada gosip gtu… Langsung ketawa ngakak, lucu gosipnya. sampe member ngash selamat gitu… Haahhhah…

        Chukae monkey oppa ^^

  2. Yg sabar ya sayy. .
    Ngebaca kamu kesel. Koq aq jd ikutan kesel. Apa ini jenis penyakit baru yg menular. . Hehe
    Mgkn omonganku gk bsa bwt perasaanmu lebih baik. Tp teteup smangad. . Dunia terlalu indah utk hal2 yg menyebalkan.😉

    • Udah sabar kok..
      ini udah adem ayem lagi..
      saia marah gak lama2 kok, cuma pas hari itu aja ngamuknya gak ketulungan.. ^^^

      hehhhehe… mungkin memang ‘kesal’ itu nama penyakit baru, cuma belum dipublish aja ke orang2.. kkk~

      bisa kok.. perasaanku jadi lebih baikk…
      GOmawo~~~~ SEMANGAT!!!!!!
      Dunia memang terlalu indah untuk mikirin hal2 gak penting..

  3. Wah yg sabar ya eon . Tetep semangat, kadang jdi penulis ada pait nya ya itu, plagiat , copypaste u.u
    ah ya! Aku reader lama eon, tpi aku sempet lupa alamat wp nya wkwk

    • iye….
      saya udah sabar bgt ni…
      udah elus dada merelakan..

      iyah, itu emang udah konsekuensinya.*ribet nulisnya* harus diterima.

      wah, bahaya.. jgn lupa2 lagi ya..
      nanti saya cipok basah kalau lupa lagi..
      di bookmark aja kalau perlu.. hehehhehe..

      Gomawooo~~~

  4. Pantesan thor, aku suka nunggu ff update-tan terbaru tapi ga muncul muncul ._.
    Update lagi dong~😀 hehe
    Mian thor, aku baru beberapa kali kesini tapi baru komen sekarang😄 hehe

  5. hya….. aku nganga pas liat ada nama aku disana .___. kkkk
    #peyuk dongek /plak

    hhh eon.. keulang lgi ya.. aku tau gmna rasanya krna aku juga dulu prnah upload vid scene siwon pas renang di skip beat hasil dri streaming.. krna buru2 diupload lupa ga ngasih credit nya di video.. akhirnya bnyak yg nge reupload juga tnpa ngecantumin cr dri mana.. pas aku coment in channelnya,itu channel malah ngeblockir channel aku.. jahat bngt orang2 jaman sekarang TT___TT.

    lagipula ya.. jelas2 ff yg kyu evil itu cmn sebuah fanfiction. Anggep aja sama un,orng yg nganggep itu sebuah fakta cmn elpeu abal yg mau aja percaya betapa kejamnya seorang cho kyuhyun.. lagian un.. klo itu admin baca postingan ini.. aku yakin seyakin2nya,itu orang bakal malu.. ye ga?
    Tapi itu ngakak bngt yg bilng ff kyu itu translate an.. hwuahahahaha. waktu eon coment in,eon kasih ga link ff kyunya dri wordpress ini kedia?

    trs yg ff hyuk yg topless pas ss4 buat sorry2 answer itu……… itu bodor yaampun kobisa masuk blog khusus ff nc-___,- aku curiga eon.. dia kan copas lgi trs dishare disana, nah ffnya eon itu dia edit lagi dan justru pas kelanjutan yg hyuk nari didepan hyora malah berlanjut jadi lebih nafsu…………. /dor

    jangan ilang mood buat nulis dong eonnn;;___;;;; /toel donge
    entar klo eon beneran udh ga niat nulis lgi,idup aku bakalan serasa hampa tnpa ff yeong sama donge /apa ini/ /abaikan/

    ahiya.. eon suka baca novel ga? coba deh baca novel prosecutor got married.. itu castnya unyuk.. rame loh *__* /knp jdi promosi/ .hyahaha aku ini mikirnya pas aku coment in gini pas eon masih unmood.. tpi skrng udah ga kan? /ngedip genit/ ,yah klo eon ga lgi minat nulis seenganya baca aja novel2 cast ahjussir supya bisa ningkatin minat eon nulis lgi :**

    kalo nanti ada yg plagiatin,copas tnpa cr ,dll semacam itulagi.. eon crita aja ke aku.. aku bantu eon untuk membuktikan kebenaran!!! \pose brng ironman hae\

    Ttp semangat eonnnn<3333 btw,mian ya aku selalu telat buat coment=__=

    • pertama kali liat komen ini, blom sempat dibaca udah senyum2 sendiri..
      panjang bener…. blom pernah saya dapat komen sepanjang ini.. hihhhih.

      yah, memang seperti itulah dunia maya, bahkan walaupun kita tulis kalo kita yang buat, pasti tetap aja kejadian kayak gitu gak bisa dielakkan..
      yah sabar2 aja..^^

      he-eh… masa sih bisa percaya yg kayak gitu fakta. Itu udah gak masuk akal.
      aku gak ada kirim link apapun ke dia. Gak penting. Mau dia malu apa enggak, aku juga gak peduli. Yang penting aq udah mengeluarkan uneg-uneg, udah siap. Malas yg kayak gitu dipikirin lama2..

      hahahha…. aku gak kepikiran pulak sampe ada orang yg ngelanjutin itu cerita hyukra trus nambahin sampe jadi nc.. Koq malah jadi penasaran ya??
      Tapi gak kayaknya sih, kayaknya bukan dia yg masukin ke blog nc.. sepertinya orang yang berbeda..
      well, saya juga gak tau. soalnya blognya kan diprotect. Malah alamat blognya juga aku udah lupa.

      hehehe..
      beneran ni hidup hampa tanpa yeong en hae-hae??
      saia gak berhenti nulis, cuman kadang gak punya dorongan lagi buat mulai cerita..
      saia juga kan gak bisa hidup tnpa membayangkan itu hae-hae flirting2 sama saia..🙂😀

      novelnya kamu?? aku udah belakangan ini gak sempat baca buku apapun. Banyak tugas menunggu..
      bahkan buat nyelesain ff yg nanggung di tengah jalan aja susah.. tapi kalo kamu mau ngirimin buat aku gratis, pasti aku baca dengan senang hati kok.. *senyumlebarbarenghaehae

      beneran nih ya, kalo aku kasih tau, kamu msti datang bareng ironman, yg dalemnya harus ada lee donghae-nya lho..
      yg palsu saya gak mau.. (–*)

      Hwaiting!!!
      Sudah mau komen saya udah gomawoyo~~ hehehehe…

Leave a Reply

